SILABUS ISU-ISU KONTEMPORER PENDIDIKAN

SILABUS MATA KULIAH
PROGRAM SARJANA/STRATA SATU (S-1)
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG
DOSEN: M. RIKZA CHAMAMI, MSI


A. Informasi Umum

Nama Mata Kuliah : Isu-isu Kontemporer Pendidikan
Kode Mata Kuliah : PAI 1114
Program Studi : S-1
Bobot : 4 SKS

B. Deskripsi

Pendidikan Islam secara umum adalah upaya sistematis untuk membantu anak didik agar tumbuh berkembang mengaktualkan potensinya berdasarkan kaidah-kaidah moral Al-Quran, ilmu pengetahuan, dan keterampilan hidup (life-skill). Dengan ungkapan normatif keagamaan, pendidikan berfungsi memfasilitasi agar seseorang tumbuh menjadi abdullah, sosok pribadi yang hidup berlandaskan tauhid. Secara vertikal, sosok pribadi demikian hanya mau bersujud di hadapan kebesaran Allah, menyatakan haram menyembah sosok manusia ataupun jabatan. Dengan demikian, pendidikan tidak stagnan dan selalu berjalan sesuai dengan perkembangan zaman.

Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah pokok yang diberikan kepada mahasiswa di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Sesuai dengan namanya, maka mata kuliah ini diberikan kepada para mahasiswa yang telah memiliki pengetahuan dasar mengenai apa itu pendidikan dan diperkaya dengan wawasan isu pendidikan masa kini. Guna mempertajam pemikiran analisa dan cakrawala pengetahuan para mahasiswa, maka dalam pelaksanaannya setiap peserta kuliah akan menulis makalah secara individual untuk ditampilkan di dalam sesi diskusi.

Adapun landasan normatif mata kuliah ini adalah generalisasi. Dengan landasan tersebut diharapkan para mahasiswa akan terbiasa berpikir komprehensif dalam mempelajari, mamahami dan mengembangkan suatu masalah.

Untuk mengarahkan para mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini akan membahas topik-topik bahasan kuliah Isu-isu Kontemporer Pendidikan yang dengan sengaja dirancang sebagai rambu-rambu agar tidak keluar dari tujuan dasar mata kuliah ini.
C. Tujuan Mata Kuliah

1. Memberikan pemahaman dinamika pendidikan masa kini
2. Memberikan bekal kepada mahasiswa untuk merespon problema pendidikan secara cepat dan tepat

D. Pokok Bahasan

1. Spektrum Problematika Pendidikan Islam di Era Global
2. Pendidikan Islam dan Tantangan Modernitas
3. Model Pendidikan Islam Berbasis Pluralisme
4. Urgensi Pendidikan Kritis bagi Pendidikan Islam
5. Pendidikan Islam sebagai Alat Pembebasan
6. Menggagas Pendidikan Islam untuk Proyeksi Kemanusiaan
7. Melawan Kapitalisme Pendidikan
8. Memahami Ideologi Sekolah Alternatif
9. Fenomena Home Scoling
10. Aplikasi IQ, EQ dan SQ dalam PAI
11. Dunia Pesantren dan Madrasah di Era Otonomi Daerah
12. Diversifikasi Kurikulum di Madrasah dan Sekolah
13. Perubahan IAIN ke UIN: Antara Manfaat dan Madlarat
14. Kajian Kritis terhadap UU Sisdiknas
15. Urgensi Pendidikan Umum dalam Sistem Pendidikan Indonesia

E. Referensi Pokok

• A.L. Tibawi, Islamic Education, Luzac and Company, London, 1972
• Abdul Munir Mulkhan, Nalar Spiritual Pendidikan: Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, Jogyakarta . PT. Tiara Wacana, 2002
• Abuddin Nata, Sejarah Pendidikan Islam pada Priode Klasik dan Pertengahan, Raja Grafindo, Jakarta, 2004
• Abuddin Nata. Kapita selekta pendidikan Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
• Adam Mez, The Renaisances of Islam, Luzac, London, 1937.
• Ahmad Syafi`i Ma`arif, Pendidikan Islam di Indonesia, Antara Cita dan Fakta, Tiara Wacana, Yogyakarta, 1991.
• Akhmad Djaenuri, (ed), Pendidikan dan Modernisasi di Dunia Islam, al-Ikhlash, Surabaya, 2001
• Ali Ashraf, Horizon Baru Pendidikan Islam, Pustaka Firdaus, Jakarta.
• Ali Khalil Abu al-`Ainain, Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur’an al-Karim, Dar al-Fikr al-`Arabiy, 1980
• Amril dkk, Reformulasi Pendidikan Tinggi Islam, UI Press, Jakarta, 2004
• Amril. Etika dan Pendidikan, LSFK2P dan Aditya Media,Yogyakarta,. 2005
• Arief Armai, Pengantar Ilmu dan Meodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
• Azyumardi Azra, Islam Reformis; Dinamika Intelektual dan Gerakan, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1999.
• Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta : Logos, 1999.
• Bashori Muchsin dan Abdul Wahid, Pendidikan Islam Kontemporer, Bandung: Refika Editama, 2009.
• Basyiruddin Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
• Dahlan Mansur dan M. Said, Mendidik dari Zaman Ke Zaman, Jakarta . PT Rajawali Press, 1989.
Dasim Budimansyah, Model Pembelajaran Portofolio, Bandung: PT Genesindo, 2003.
• Faisal Islma`il, Paradigma Kebudayaan Islam; Studi Kritis dan Refleksi Historis, Titian Ilahi, Yogyakarta, 1996.
• Harun Nasutian, Pembaruan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
• Hasbullan, Kapita selekta pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1999
• Ibn Khaldun, Muqaddimah Ibn Khaldun, Terj. Ahmadi Thaha, Pustaka Firdaus, Jakarta, 1989
• Ismail R. al- Faruqi, Islamisasi Pengetahuan, 1987.
• Khaeruddin, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Semarang: PMDC-Pilar Media, 2007.
• Kuntowijoyo, Identitas Politik Umat Islam, Mizan, Bandung, 1997
• M. `Athiyah al-Abrasyi, al-Tarbiyah al-Islâmiyyah wa Falâsifatuhâ, t.t.
• M. Iqbal, The Reconstruction of Religious Thought in Is-lam, 1981.
• M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Quran, 1996.
• M.A. Fattah Santoso, “Pengembangan Studi Islam dalam Dimensi Filosofis dan Konsep Keil-muan”, dalam Studi Islam Asia Tenggara, Mastuhu, Menata Ulang pemikiran Sistem Pendidikan Nasional Dalam Abad 21. Jogyakarta. Safiria, 1999.
• Muhammad Iqbal, The Reconstruction of Religious Thought in Islam, Terj. Ali Audah dkk., Tinta Mas, Jakarta, 1966.
• Muhmidayeli, Filsafat Pendidikan Islam, LSFk2P, Pekanbaru, 2005.
• Musa Asy`arie, Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Alquran, 1992.
• Nasution, Sejarah Pendidikan Indonesia. Bandung: CV Jemars, 1985
Nurhadi, Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.
• Richard C. Martin, (ED), Approaches to Islam in Religious Studies, Tucsan the University of Arizona press, 1985.
• Rustam E Taburaka, Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan IPTEK, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
• S.M. al-Naquib al-Attas (ed.), Aims and Objectives of Islamic Educa-tion, 1979.
• Sayyed Husein Nasr, Knowledge and The Sacred, Terj. Suharsono, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1997.
• Sayyed Husein Nasr, Tradisional Islam in The Modern World, Terj. Lukman Hakim, Pustaka, Bandung.
• Soegiono, Tokoh-Tokoh Pendidikan Dunia, Jakarta: CV ILMU, 1999
• Toto Suharto, Filsafat Pendidikan Islam, 2006.
• UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
• UU No. 14 Thn 2005 tentang Guru & Dosen
• Vembrianto, Pengantar Perencanaan Pendidikan, Jakarta: Gramedia, 1993.
• Yusra Marasabessy (Kontributor), Desekularisasi Pemikiran Landasan Islamisasi, Mizan, Bandung: 1987.
• Zuhairini dkk, Filsafat Pendi-dikan Islam, 1995.
• Zuhairini dkk, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1997

F. Sistem Perkuliahan

1. Ceramah
Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata kuliah dan klarifikasi persoalan dalam perjalanan diskusi kelas.

2. Presentasi
Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara individu. Presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok bahasan mata kuliah. Dalam presentasi makalah menggunakan alat bantu LCD dengan menyajikan presentasi power point (minimal 5 halaman) yang menayangkan point-point makalah. Khusus untuk slide power point dapat dibuat oleh perwakilan kelompok.

3. Resitasi (Tugas)

a. Tugas Individu I
• Membuat makalah dengan format tema sesuai daftar bab dalam silabus (minimal 10 halaman font times new roman spasi 1,5 dengan menggunakan 5 buku referensi)—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa
• Dikumpulkan pada pertemuan ke-5 atau minggu pertama bulan Oktober
• Makalah dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
• Pada saat persentasi wajib membawa/fotocopy referensi buku./kitab yang dijadikan rujukan
• Makalah akan dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan)
• Makalah harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: rikzakudus@yahoo.co.id
• Subject email ditulis: urutan makalah-judul singkat-nama mahasiswa. Contoh: 1-Pengantar MSI-Fauzul Hakim.

b. Tugas Individu II
• Membuat resensi/sinopsis, resume kitab/buku terbitan tahun 2000-2009
• Judul/tema buku berisi tentang kajian-kajian dinamika pendidikan Islam kontemporer
• Tugas dikerjakan secara individu
• Resensi/sinopsis, resume kitab/buku diketik minimal 5 halaman font times new roman spasi 1,5 dengan—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa
• Resensi/sinopsis, resume kitab/buku harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: rikzakudus@yahoo.co.id
• Subject email ditulis: urutan absensi-judul singkat-nama mahasiswa. Contoh: 23-Buku Abudin-Fauzul Hakim.

G. Sistem Evaluasi

Perkuliahan ini akan memberi bobot nilai pada komponen-komponen berikut:
a. Kehadiran 10%
b. Tugas Individu 10%
c. Aktifitas perkuliahan 10%
d. Ujian Tengah Semester 30%
e. Ujian Akhir Semester 40%

2 komentar:

assalamualaikum pak dosen, kalau themanya melawan kapitalisme pendidikan...pokok masalah yang saya angkat kira-kira pa pak?dan ruang lingkupnya apa? terima kasih pak dosen
wassalamualaikum
by:zakki

8 Sep 2009, 22.51.00 comment-delete

assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Salam kenal ustdadz.
Semoga ilmunya barakah dan bermanfaat, terimakasih atas postingannya, ane izin mencopynya

10 Mar 2010, 08.23.00 comment-delete

Posting Komentar

Karya Ilmiah

Penelitian

Pemas