SILABUS MATA KULIAH ISU-ISU KONTEMPORER PENDIDIKAN ISLAM KI7

SILABUS MATA KULIAH
ISU-ISU KONTEMPORER PENDIDIKAN ISLAM
DOSEN: M. RIKZA CHAMAMI, MSI
KELAS KI-7 TAHUN 2010


A. Informasi Umum
Nama Mata Kuliah : Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam
Kode Mata Kuliah : KIT 2211
Program Studi : S-1
Bobot : 2 SKS

B. Deskripsi
Pendidikan Islam secara umum adalah upaya sistematis untuk membantu anak didik agar tumbuh berkembang mengaktualkan potensinya berdasarkan kaidah-kaidah moral Al-Quran, ilmu pengetahuan, dan keterampilan hidup (life-skill). Dengan ungkapan normatif keagamaan, pendidikan berfungsi memfasilitasi agar seseorang tumbuh menjadi abdullah, sosok pribadi yang hidup berlandaskan tauhid. Secara vertikal, sosok pribadi demikian hanya mau bersujud di hadapan kebesaran Allah, menyatakan haram menyembah sosok manusia ataupun jabatan. Dengan demikian, pendidikan tidak stagnan dan selalu berjalan sesuai dengan perkembangan zaman.
Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah pokok yang diberikan kepada mahasiswa di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Sesuai dengan namanya, maka mata kuliah ini diberikan kepada para mahasiswa yang telah memiliki pengetahuan dasar mengenai apa itu pendidikan dan diperkaya dengan wawasan isu pendidikan masa kini. Guna mempertajam pemikiran analisa dan cakrawala pengetahuan para mahasiswa, maka dalam pelaksanaannya setiap peserta kuliah akan menulis makalah secara individual untuk ditampilkan di dalam sesi diskusi.
Adapun landasan normatif mata kuliah ini adalah generalisasi. Dengan landasan tersebut diharapkan para mahasiswa akan terbiasa berpikir komprehensif dalam mempelajari, mamahami dan mengembangkan suatu masalah.
Untuk mengarahkan para mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini akan membahas topik-topik bahasan kuliah Isu-isu Kontemporer Pendidikan yang dengan sengaja dirancang sebagai rambu-rambu agar tidak keluar dari tujuan dasar mata kuliah ini.

C. Tujuan Mata Kuliah
1. Memberikan pemahaman tentang dinamika pendidikan masa kini
2. Memberikan bekal kepada mahasiswa untuk merespon problema pendidikan secara cepat dan tepat

D. Pokok Bahasan

1. Problematika Pendidikan Islam di Era Global
2. Kajian Kritis terhadap Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional
3. Diversifikasi Kurikulum di Madrasah dan Sekolah
4. Tantangan Pesantren Salaf dan Modern
5. Potensi Madrasah Diniyyah di Era Modern
6. Fenomena Home Scoling
7. E-Learning dalam Pendidikan Islam
8. Sertifikasi Guru dalam Jabatan
9. Pendidikan Profesi Guru
10. Akreditasi Sekolah dan Madrasah
11. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam

E. Referensi Pokok
• A.L. Tibawi, Islamic Education, Luzac and Company, London, 1972
• Abdul Munir Mulkhan, Nalar Spiritual Pendidikan: Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, Jogyakarta . PT. Tiara Wacana, 2002
• Abuddin Nata, Sejarah Pendidikan Islam pada Priode Klasik dan Pertengahan, Raja Grafindo, Jakarta, 2004
• Abuddin Nata. Kapita selekta pendidikan Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
• Adam Mez, The Renaisances of Islam, Luzac, London, 1937.
• Ahmad Syafi`i Ma`arif, Pendidikan Islam di Indonesia, Antara Cita dan Fakta, Tiara Wacana, Yogyakarta, 1991.
• Akhmad Djaenuri, (ed), Pendidikan dan Modernisasi di Dunia Islam, al-Ikhlash, Surabaya, 2001
• Ali Ashraf, Horizon Baru Pendidikan Islam, Pustaka Firdaus, Jakarta.
• Ali Khalil Abu al-`Ainain, Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur’an al-Karim, Dar al-Fikr al-`Arabiy, 1980
• Amril dkk, Reformulasi Pendidikan Tinggi Islam, UI Press, Jakarta, 2004
• Amril. Etika dan Pendidikan, LSFK2P dan Aditya Media,Yogyakarta,. 2005
• Arief Armai, Pengantar Ilmu dan Meodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
• Azyumardi Azra, Islam Reformis; Dinamika Intelektual dan Gerakan, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1999.
• Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta : Logos, 1999.
• Bashori Muchsin dan Abdul Wahid, Pendidikan Islam Kontemporer, Bandung: Refika Editama, 2009.
• Basyiruddin Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
• Dahlan Mansur dan M. Said, Mendidik dari Zaman Ke Zaman, Jakarta . PT Rajawali Press, 1989.
Dasim Budimansyah, Model Pembelajaran Portofolio, Bandung: PT Genesindo, 2003.
• Faisal Islma`il, Paradigma Kebudayaan Islam; Studi Kritis dan Refleksi Historis, Titian Ilahi, Yogyakarta, 1996.
• Harun Nasutian, Pembaruan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
• Hasbullan, Kapita selekta pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1999
• Ibn Khaldun, Muqaddimah Ibn Khaldun, Terj. Ahmadi Thaha, Pustaka Firdaus, Jakarta, 1989
• Ismail R. al- Faruqi, Islamisasi Pengetahuan, 1987.
• Khaeruddin, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Semarang: PMDC-Pilar Media, 2007.
• Kuntowijoyo, Identitas Politik Umat Islam, Mizan, Bandung, 1997
• M. `Athiyah al-Abrasyi, al-Tarbiyah al-Islâmiyyah wa Falâsifatuhâ, t.t.
• M. Iqbal, The Reconstruction of Religious Thought in Is-lam, 1981.
• M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Quran, 1996.
• M.A. Fattah Santoso, “Pengembangan Studi Islam dalam Dimensi Filosofis dan Konsep Keil-muan”, dalam Studi Islam Asia Tenggara, Mastuhu, Menata Ulang pemikiran Sistem Pendidikan Nasional Dalam Abad 21. Jogyakarta. Safiria, 1999.
• Muhammad Iqbal, The Reconstruction of Religious Thought in Islam, Terj. Ali Audah dkk., Tinta Mas, Jakarta, 1966.
• Muhmidayeli, Filsafat Pendidikan Islam, LSFk2P, Pekanbaru, 2005.
• Musa Asy`arie, Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Alquran, 1992.
• Nasution, Sejarah Pendidikan Indonesia. Bandung: CV Jemars, 1985
Nurhadi, Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.
• Richard C. Martin, (ED), Approaches to Islam in Religious Studies, Tucsan the University of Arizona press, 1985.
• Rustam E Taburaka, Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan IPTEK, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
• S.M. al-Naquib al-Attas (ed.), Aims and Objectives of Islamic Educa-tion, 1979.
• Sayyed Husein Nasr, Knowledge and The Sacred, Terj. Suharsono, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1997.
• Sayyed Husein Nasr, Tradisional Islam in The Modern World, Terj. Lukman Hakim, Pustaka, Bandung.
• Soegiono, Tokoh-Tokoh Pendidikan Dunia, Jakarta: CV ILMU, 1999
• Toto Suharto, Filsafat Pendidikan Islam, 2006.
• UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
• UU No. 14 Thn 2005 tentang Guru & Dosen
• Vembrianto, Pengantar Perencanaan Pendidikan, Jakarta: Gramedia, 1993.
• Yusra Marasabessy (Kontributor), Desekularisasi Pemikiran Landasan Islamisasi, Mizan, Bandung: 1987.
• Zuhairini dkk, Filsafat Pendi-dikan Islam, 1995.
• Zuhairini dkk, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1997

F. Sistem Perkuliahan
1. Ceramah
Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata kuliah dan klarifikasi persoalan dalam perjalanan diskusi kelas.
2. Presentasi
Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara kelompok. Presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok bahasan mata kuliah. Dalam presentasi makalah diperbolehkan menggunakan alat bantu LCD dengan menyajikan presentasi power point (minimal 5 halaman) yang menayangkan point-point makalah. Khusus untuk slide power point dibuat oleh perwakilan kelompok. Mahasiswa juga diperbolehkan menggunakan metode active learning sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
3. Resitasi (Tugas)
a. Tugas Makalah Kelompok
• Membuat makalah dengan format tema sesuai daftar bab dalam silabus (minimal 10 halaman font times new roman spasi 1,5 dengan menggunakan 5 buku referensi)—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa
• Dikumpulkan pada Kamis 30 Oktober 2010 kepada Komting dalam bentuk soft file untuk selanjutnya di-layout menjadi BUKU yang selanjutnya digunakan dalam semua sesi perkuliahan
• Makalah dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
• Pada saat presentasi wajib membawa/fotocopy referensi buku/kitab yang dijadikan rujukan
• Makalah akan dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan)
• Makalah harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: rikzakudus@gmail.com
• Subject email ditulis: urutan makalah-judul singkat-nama mahasiswa. Contoh: 1-Pengantar MSI-Riri Ridhati.
b. Tugas Individu (Mid Semester)
• Membuat resensi/sinopsis buku “Neomodernisme Pendidikan”
• Tugas dikerjakan secara individu dan dikumpulkan 25 Oktober 2010
• Resensi/sinopsis diketik minimal 5 halaman font times new roman spasi 1,5 dengan—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa
• Resensi/sinopsis harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: rikzakudus@gmail.com
• Subject email ditulis: urutan absensi-judul singkat-nama mahasiswa. Contoh: 23-Sinopsis-Hakim.

G. Sistem Evaluasi
Perkuliahan ini akan memberi bobot nilai pada komponen-komponen berikut:
a. Kehadiran 10%
b. Tugas Kelompok & Individu 10%
c. Keaktifan dalam Kelas 10%
d. Ujian Tengah Semester 30%
e. Ujian Akhir Semester 40%

2 komentar:

loh pak, Untuk Pembagian Kelompoknya gimana?
kita bagi sendiri ato nunggu pembagian dari bapak.

21 Sep 2010, 18.03.00 comment-delete

sudah saya posting

22 Sep 2010, 07.11.00 comment-delete

Posting Komentar

Karya Ilmiah

Penelitian

Pemas