UJIAN SEMESTER GENAP 2010/2011 METODOLOGI STUDI ISLAM KELAS PAIB

Petunjuk Khusus : Jawablah soal berikut ini dengan jelas!

1. Studi Islam mengenal istilah normatifitas dan historisitas. Jelaskan apa yang dimaksudkan? Dan apa persamaan dan perbedaannya?

2. Manusia beragama sebagai sosok yang tidak sempurna meyakini agama sebagai sebuah doktrin Tuhan. Kenapa manusia membutuhkan agama? Jelaskan posisi Tuhan, manusia dan agama (dalam bentuk bagan)! Dan bagaimana jika manusia hidup tanpa agama?

3. Sumber Islam berasal dari wahyu, akal dan rasa. Jelaskan ketiga sumber itu! Dan bagaimana karakter Islam yang bersumber dari wahyu, akal dan rasa!

4. Baik secara etimologi dan terminologi, istilah pendekatan dan metodologi mempunyai kesamaan dan perbedaan. Jelaskan! Buatkan bagan/peta konsep yang menjelaskan kesesuaian antara pendekatan dan metodologi yang telah dibahas dalam perkuliahan MSI ini!

5. Perbedaan cara pandang dalam melaksanakan perintah agama menjadi sebuah fenomena. Bagaimana Anda memahami perbedaan perilaku beragama masyarakat di dalam komunitas beragama (misalnya kelompok tradisional dan modern)? Metode dan pendekatan apa yang Anda gunakan dalam situasi semacam ini?

--o0o--

0 komentar:

Posting Komentar

Karya Ilmiah

Penelitian

Pemas